Jumat, 20 Maret 2009

Blog ini menjelaskan berbagai hal mengenai Tahapan Operasional Perkebunan Kelapa Sawit,
sebagai sarana referensi bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari Perkebunan Kelapa Sawit dari Proses Awal sampai Akhir, maupun bagi semua pemerhati Tanaman Kelapa Sawit di Indonesia.
TAHAPAN OPERASIONAL SECARA UMUM :
Dalam kegiatan Operasional Perkebunan Kelapa Sawit secara umum dikenal ada 5 hal yang harus dilakukan yaitu :
1. Persiapan
2. Pengembangan
3. Rawat
4. Panen dan Angkut
5. Administrasi
Persiapan

Defnisi Persiapan adalah kegiatan yang meliputi Survey dan Blok Design, dimana survey dilakuan untuk mengetahui Sebaran Lahan, Topografi, Tata Guna Tanah dan Study Kelayakan sedangkan Blok Design meliputi pekerjaan Rencana Jalan, Blok Tanam, Rencana Pabrik dan Rencana Perumahan. Disinilah letak keunikan dan keunggulan dari suatu perencanaan perkebunan yang matang, kalau dalam tahap ini terjadi kesalahan, maka dalam 25 tahun kedepan akan terasa sekali perbedaan yang sangat mencolok antara perencanaan perkebunan yang matang dan perencanaan perkebunan yang asal-asalan. Rumit bukan, ternyata tahapan yang sangat mendasar ini justru menjadi awal dari keberhasilan suatu perkebunan kelapa sawit, bayangkan saja kalau kalau rencana pabrik ada didekat perumahan karyawan, bisa-bisa karyawan banyak yang lari karena terganggu suara mesin pabrik, unit pengangkut TBS yang mondar-mandir dan asap serta limbah pabrik yang dijamin bau. Atau bagaimana jadinya kalau lokasi perumahan karyawan, pabrik dan kantor ada dalam satu lokasi, bisa-bisa banyak blok yang tidak tergarap dengan sempurna karena karyawan malas jalan berpuluh kilometer untuk melakukan panen di blok terjauh dari lokasi perumahan... wah bisa dibayangkan deh banyak buah busuk tidak terpanen, kan rugi berat tuh...

Pengembangan
Definisi Pengembangan adalah kegiatan pembukaan lahan, entah itu dari ex-hutan, ex-rawa, ex-lahan tidur, atau ex lain pokoknya yang serba ex-dech asal jangan excavator aja kemudian diolah sampai di tanami bibit kelapa sawit. Aktivitasnya meliputi Land Clearing , Pembibitan dan Penanaman jadi hanya itu saja kegiatan pengembangan, wow koq sedikit sekali materi ini, memang sedikit koq, penjelasan lengkap dan detail akan saya terbitkan dalam tulisan tersendiri.
Rawat, Pengendalian Hama dan Penyakit
Sebagaiaman tanaman/tumbuhan lain, Kelapa Sawit juga perlu di rawat dari serangan hama dan penyakit, definisi Rawat, Pengendalian Hama dan Penyakit adalah aktivitas yang bertujuan untuk memelihara tanaman kelapa sawit, lahan diareal tanam, dan infrastrukturnya. Aktivitas Rawat dan Pengendalian Hama Penyakit, meliputi :
Rawat TBM (singkatan dari Tanaman Belum Menghasilkan)
Rawat TM (singkatan dari Tanaman Menghasilkan)
Pemupukan
Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman (HPT)
Panen dan Angkut
Merupakan proses kegiatan memetik hasil dari tanaman yang sudah ditanam, perlakuan pasca panen hingga pengangkutan ke pabrik. Tadi sudah dijelaskan mengenai proses dari Persiapan sampai dirawat, setelah itu tentunya tanaman akan tumbuh subur dan berbuah sampai siap dipanen, lhah kalo ga dipanen namanya kebangetan, mangsudnya kita nanam untuk mendapatkan TBS jadi harus dipanen dong..(ngawur aja, sory kebablasen), Aktivitas Panen dan Angkut meliputi :
Persiapan Panen
Pelaksanaan Panen
Pengangkutan ke pabrik

Administrasi

Merupakan Semua kegiatan pencatatan terhadap rencana dan pelaksanaan pekerjaan yang menyangkut tenaga kerja, biaya, waktu, hasil fisik, material dan peralatan. Jenis-jenis Administrasi
. Administrasi Pekerjaan, meliputi :
- Buku Mandor
- BKA/LRK
- LPPH
- Permohonan PK
- Berita Acara Hasil Kerja
. Administrasi Barang/Material, meliputi :
- Slip Permintaan Barang
- Surat Penerimaan Barang
- Stock Card
. Administrasi Lain-lain / Umum, meliputi :
- Kartu Blok
- Peta Kerja
- Catatan Produksi
- Administrasi Umum